Manfaat Kesehatan Dari Makanan Pedas

00.50
Manfaat Kesehatan Dari Makanan Pedas
Menambahkan rempah-rempah ke dalam masakan kita memang akan membuat makanan menjadi lebih lezat. Ada banyak jenis rempah pada makanan, terutama yang memiliki rasa pedas dan mungkin yang belum kita ketahui adalah ternyata ada manfaat kesehatan yang tersembunyi dari makanan pedas. Apa saja manfaatnya?

1. Menurunkan berat badan
Cabai merupakan sumber dari rasa pedas, dimana cabai memiliki senyawa capsaicin di dalam yang yang menyebabkan peningkatan metabolisme. Meningkatnya metabolisme akan membantu membakar kalori lebih cepat dan membantu dalam menurunkan berat badan lebih cepat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Cabai dapat mengurangi jumlah kolestrol jahat di dalam tubuh. Hal ini membuat pembuluh darah menjadi lebih tipis, sehingga akan meningkatkan aliran darah ke jantung. Makanan pedas yang dikonsumsi dapat mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Cabai dan lada mengandung banyak vitamin A dan vitamin C, dimana vitamin ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh terserangan flu atau penyakit umum lainnya.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Telinga Akibat Radang Tenggorokan

4. Meredakan dada yang sesak

Makanan pedas merupakan obat yang digunakan untuk meredakan pilek dan masalah lain akibat dadak sesak. Makanan pedas juga ampuh bagi kita yang mengalami masalah sinus.

5. Memberikan suasana hati yang baik
Cabai, merica, atau paprika akan melepaskan endorfin dalam tubuh yang selanjutnya meningkatkan suasana hati kita. Hal ini tentunya akan membuat tubuh lebih energik dan senang.

6. Membantu masalah pencernaan
Rempah-rempah juga akan membantu dalam pencernaan yang lebih baik karena makanan berlemak yang dikonsumsi. Misalnya saja pada daging merah yang dibumbui dengan merica dan cabai, maka akan lebih baik untuk perut dan hati.

Sebagian orang tidak menyukai makanan pedas, namun jika sudah terbiasa mengonsumsinya, maka itu akan terasa nikmat. Atau paling tidak sesekali mencobanya karena ada banyak manfaat kesehatan yang tesembunyi dari makanan pedas. Namun harus diingat tetap mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah yang terbatas agar tidak membuat perut sakit atau masalah lainnya.
Previous
Next Post »